Police Goes to Campus Hadir di Kemenkes Poltekkes Riau Untuk Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Polresta Pekanbaru dalam tema “Police Goes to Campus” menyelenggarakan sosialisasi keselamatan berkendara di Poltekkes Kemenkes Riau. Kegiatan ini dilaksanakan dari refleksi meningkatkan kejadian kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dari tahun ke tahun. Di bulan Januari 2024, tercatat 51 kejadian lakalantas yang terjadi di kota Pekanbaru sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan secara “sersan” yaitu serius tapi santai. Setidaknya 150 mahasiswa dari tingkat I yang hadir pada kegiatan tersebut. Polresta Pekanbaru yang diwakili oleh bapak Kamal menyampaikan tekait informasi kesadaran berkendara, diantaranya; faktor-faktor yang menyebabkan lakalantas, kewajiban memakai helm SNI; kewajiban membawa surat-surat kelengkapan kendaraan (SIM dan STNK) dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Selain Polresta Pekanbaru, Polce Goes to Campus juga menghadirkan pihak Jasa Raharja. Pihak Jasa Raharga yang diwakili oleh bapak Irfan menyampaikan informasi terkait asuransi yang meliputi kecelakaan lalu lintas dalam kategori ringan, berat hingga meninggal dunia. Beliau juga menyampaikan metode baru yang digunakan dalam pembiayaan asuransi yang diberikan Jasa Raharja. Jika sebelumnya diketahui bahwa bisa dilakukan proses “imburse”, kali ini pihak Jasa Raharja yang akan langsung berhubungan dengan pihak rumah sakit untuk membiayai asuransi yang dimaksud.

Dalam kegiatan ini, tim Police Goes to Campus juga mendemonstrasikan cara menggunakan helm yang baik dan benar. Sebelum kegiatan diakhiri, 6 helm dibagikan kepada mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan terkait kesadaran dan keselamatan berkendara dengan benar dan beberapa bingkisan kepada mahasiswa yang bertanya.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran pengendara mengenai hak dan kewajibannya dalam berlalu lintas dan dapat mengurangi angka kecelakaan yang terjadi.

Comments (0)
Add Comment