BEM

Latihan Gabungan Nasional Pramuka Saka Bakti Husada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan tahun 2022 yang selanjutnya disingkat dengan Latgabnas Pramuka SBH Poltekkes Kemenkes Tahun 2022 ditujukan untuk menjalin silaturahmi pramuka kesehatan serta mengapresiasi kegiatan pramuka kesehatan melalui wadah kegiatan bersama dalam bentuk Latgabnas Pramuka SBH Poltekkes Kemenkes 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Balikpapan dengan Tuan Rumah Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 4 Oktober 2022, Pada kegiatan latgabnas ini semua peserta Latgabnas Pramuka SBH Poltekkes Kemenkes tahun 2022 yang terdiri dari pramuka penegak dan pandega yang berasal dari gugus depan di Politeknik Kesehatan seluruh Indonesia,secara Bersama sama melakukan latihan dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya kepada masyarakat yang diperoleh dari gugus depan masing-masing. Seluruh kegiatan diarahkan kepada pembinaan pemuda khususnya dalam penguatan sebagai agent kesehatan melalui pengenalan program-program kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi dalam promosi kesehatan serta juga didukung upaya-upaya untuk menggalang kebhinekaan, dengan kegiatan-kegiatan kreatif, inovatif, edukatif, atraktif, rekreatif, dan produktif, serta bersifat menyenangkan. Melalui kegiatan Latgabnas Pramuka SBH Poltekkes Kemenkes tahun, diharapkan pemuda/I sebagai millenial kesehatan dapat menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia dan khususnya mendukung program pembangunan kesehatan untuk mencapai Nusantara Sehat. Latgabnas tahun ini mengusung tema Tema : “Ceria, Bersahabat Dan Tingkatkan Kader Bangsa Yang Berkualitas”  Moto : ”Satyaku Ku Dharmakan Dharmaku Ku Bhaktikan”.

Pada kegiatan ini selain dilaksanakan pembinaan juga dilakukan beberapa Gia tantara lain :

1) Lomba pioneering
2) LKBB
3) Lomba Semaphore Dance
4) Lomba Kecepatan Membuat Tandu Darurat
5) Lomba Presenter
6) Lomba Iklan Layanan Masyarakat
7) Lomba Tari Kreas

Dan Poltekkes Kemenkes Riau berhasil memperoleh juara Harapan pada 2 kategori yaitu: Lomba kecepatan membuat tandu darurat dan lomba presenter.

Minggu, 25 September 2022. Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau mengadakan Webinar Legislatif . Webinar legislatif adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan satu kali dalam setahun. Ketua pelaksana webinar tahun ini adalah Badzlina Farahiyati JF Koordinator komisi 4 Badan Legislatif Mahasiswa.

Webinar Legislatif dihadiri oleh peserta secara online. Webinar legislatif pada 25 September 2022 dibuka pada pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh saudari Citra Annisa Febriani. Selanjutnya menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya lalu dilakukan pembacaan Al-Qur’an dan doa. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Webinar Legislatif 2022 oleh saudari Badzlina Farahiyati JF dan dilanjutkan sambutan dari direktur Poltekkes Kemenkes Riau yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Wadir III Poltekkes Kemenkes Riau Ibu Ns.Wiwiek Delfira S.Kep, M.Kep sekaligus membuka acara.

Dengan narasumber pertama bapak DR. H. Syahrul Aidi Maazat, MA selaku Anggota Komisi V DPR Republik Indonesia. Narasumber kedua M. Hafiz Ona Hadi Putra, SE., CT Wakil Direktur Media dan Publikasi KITA CENTER.

Terimakasih kepada para peserta yang sudah hadir dalam acara Webinar Legislatif Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau Periode 2022-2023 pada hari, Minggu, 25 September 2022 dengan tema “Kaderisasi Legislatif dalam Memahami Peran Legislatif untuk Mewujudkan Legislator yang Aspiratif dan Bernalar Kritis”.
“Jika kita tidak bisa maka belajarlah Jika kita bisa maka mengajarlah Belajar adalah bentuk cinta kita kepada diri kita dan mengajar adalah bentuk cinta kita kepada sesama”.


Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAZI) Periode 2022 baru saja melaksanakan Sidang Istimewa di Ruang Rapat Rektorat Poltekkes Kemenkes Riau pada hari sabtu, 16 April 2022.

Sidang Istimewa dilakukan karena memiliki berbagai macam tujuan diantaranya menjadi sarana pemberhentian anggota organisasi, pemecatan anggota organisasi baik secara terhormat maupun secara tidak terhormat, selain itu Sidang Istimewa juga merupakan sarana dalam pengangkatan anggota yang baru direkrut karena suatu alasan khusus yang sebelumnya telah di izinkan oleh wadir.
“Sehubungan dengan surat pengunduran diri Wakil Gubernur Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAZI) yang telah diajukan kepada organisasi BLM, Maka, sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Organisasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau periode 2022/2023 yaitu Anggaran Rumah Tangga Pasal 3 ayat 3 tentang Gugurnya Keanggotaan dan Pasal 4 ayat 7 tentang Sanksi-Sanksi, serta bab 3 pasal 14 tentang pembaharuan anggota. Maka, BLM khususnya komisi 3 melaksanakan Sidang Istimewa pada hari ini untuk Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAZI)”. Jihan siddiqiyah selaku Ketua Panitia

Acara ini dimulai dengan sambutan oleh Wadir III Poltekkes Kemenkes Riau Ibu Ns. Wiwiek Delfira S.Kep, M.kep dan Kemahasiswaan HIMAZI Ibu Yessi Alza, SST, M.biomed
“Hadirin sidang yang saya hormati dan saya banggakan ini memang tugas yg disampaikan oleh ketua pelaksana tadi bahwa salah 1 tugas dari BLM adalah melakukan sidang istimewa salah 1 nya membahas terkait dengan pemberhentian secara hormat dan tidak hormat bagi organisator yg ada di Poltekkes Kemenkes Riau hanya saja ini cukup disayangkan semenjak dilaksanakan periode kepemimpinan 2019, 2020, 2021 pasti sidang istimewa yang dilakukan BLM ini terkait pemberhentian baik itu yang sudah terlaksana karna kesalahan, kedisiplinan, ataupun masalah-masalah pribadi, pada hari ini kita mengetahui bahwa wagub dari HIMAZI mengajukan permohonan pengunduran diri, ini memang saya anggap luar biasa karna kita baru beberapa bulan yang lalu pelantikan tiba-tiba sudah mendengar kabar permohonan pengunduran diri” Ibu Ns. Wiwiek Delfira S.Kep,M.kep


Acara ini dihadiri oleh perwakilan setiap ormawa dengan konsep kegiatan berupa semi offline dan online karena melihat kondisi yang masih pandemi. Untuk kegiatan secara online dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh perwakilan seluruh ormawa. Sementara untuk kegiatan offline yang dihadiri oleh perwakilan ormawa yang bersangkutan dan beberapa panitia.
Pada sidang ini membahas mengenai pengunduran Wakil Gubernur HIMAZI yang bernama Ghina Oktaviani serta pengangkatan anggota baru divisi P3 yang bernama Raidah Afifah.


“saya mohon bantuan dan bimbingan dari kakak-kakak dan rekan-rekan HIMAZI terutama dari divisi P3. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan ikhlas dan bertanggung jawab”. Ucap raidah

 

Minggu, 27 Maret 2022 telah dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) Organisasi Mahasiswa di Aula Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Riau. Mubes adalah salah satu program kerja Badan Legislatif Mahasiswa yang dilaksankan satu kali dalam setahun.mubes tahun 2022 diketuai oleh Maya Fitria Sari dengan dihadiri oleh 8 peserta yang offline dan 123 peserta yang online. Mubes pada 27 Maret 2022 dibuka pada pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh saudari Rianda Fitra Rosa. Selanjutnya menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya lalu dilakukan pembacaan doa. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Musyawarah Besar 2022 oleh saudari Maya Fitria Sari dan dilanjutkan sambutan dari direktur Poltekkes Kemenkes Riau yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Wadir III Poltekkes Kemenkes Riau Ibu Ns.Wiwiek Delfira S.kep, Mkep sekaligus membuka acara.

Selamat datang kepada para hadirin yang sudah hadir dalam acara Muswayarah Besar Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau Periode 2022-2023 pada hari, Minggu, 27 Maret 2022 dengan tema “Melalui Musyawarah Besar, Wujudkan Regenerasi BLM yang berasaskan Loyalitas, Transpa ransi, Adil, dan Berkualitas”.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan di awal periode kepengurusan Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau. Yang mana, tujuan dari Musyawarah Besar Organisasi Mahasiswa ini adalah untuk merumuskan, merancang, dan menetapkan bersama Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Eksklusif atau AD/ART Eksklusif Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau.”

AD/ART Eksklusif merupakan pedoman yang mengatur peraturan dasar dan peraturan rumah tangga yang tidak tercantum dalam AD/ART Inklusif dan diatur oleh masing-masing organisasi mahasiswa.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi allah yang telah memberikan nikmat dan juga kesehatan bagi kita semua, sehingga kita dapat berkumpul bersama pada kesempatan kali ini dalam rangka melaksanakan kegiatan  MBOM (Musyawarah Besar Organisasi Mahasiswa). Shalawat beriring salam tidak lupa pula kita sampaikan kepada nabi besar Muhammad SAW, dengan mengucapkan Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa’ala ali sayyidina muhammad.

Yang terhormat bapak direktur Poltekkes kemenkes riau, Bapak Husnan SKP.MKM, yang terhormat jajaran manajemen, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa secara luring dan daring.Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja kita mulai saja acara kita, dengan pembukaan yang sedang berlangsung.

“Pada Minggu 12 Maret 2022, Bertempat di Aula Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Riau diadakan kegiatan Pelantikan Pengurus Organisasi Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurusan Periode 2022/2023. Kegiatan ini dihadiri secara via zoom meeting oleh Wadir III Poltekkes Kemenkes Riau Ibu Ns.Wiwiek Delfira S.kep, Mkep,  jajaran manajemen, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa secara luring dan daring”.

Pelantikan pengurus baru organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau yang dilaksanakan secara Hybrid (daring dan luring) hanya dihadiri secara luring dari perwakilan Badan Legislatif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan masing-masing sebanyak 4 orang, tamu undangan, serta panitia.

Wadir III Poltekkes Kemenkes Riau dalam sambutan dan arahannya merasa bangga dan berbahagia atas pelantikan pengurus BLM, BEM, dan HIMA Jurusan  pengurus organisasi baru. Ia mengharapkan agar pengurus baru dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sebelumnya.

Dan tidak lupa pula beliau mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan, mengingat kasus covid-19 yang kembali meningkat. Diharapkan kegiatan organisasi yang berlangsung dapat berjalan dengan menyesuaikan keadaan dan tetap menjaga kesehatan.

 

JUARA 3 LOMBA MENYANYI

 kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2022

Tema

“Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan Jiwa Pemimpin Yang Berkarakter, Bertanggung Jawab Serta Berwawasan Luas”

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mental yang sehat pada mahasiswa. Dengan demikian kredibilitas dan eksitensi mahasiswa akan selalu menjadi rahmat bagi lingkungannya karena mahasiswa menjadi sosok yang ideal di tengah masyarakat.

 

MUBES (Musyawarah Besar) BEM Poltekkes kemenkes Riau 2022, yang Bertemakan ” Mewujudkan Kepemimpinan Serta Membangun Kader Solidaritas dan Bersinergi Menuju Organisasi yang Unggul “

Dilaksanakan pada :

  • Tanggal : 3 APRIL 2022
  • Jam : 08.00 wib – selesai
  • Tempat : Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming YouTube Poltekkes Kemenkes Riau

Kegiatan ini membahas pasal ,bab dan butiran peraturan dan perundangan BEM , serta membahas progja 1 periode

 

Open Donasi oleh BEM Poltekkes Kemenkes Riau Berkolaborasi Bengan Seluruh Ormawa Poltekkes Kemenkes Riau. Dengan Bertemakan “Poltekkes Kemenkes Riau Peduli Bencana Gempa Pasaman Barat”

Dilaksanakan pada :

  • Hari : Jum’at – Sabtu
  • Tanggal : 4-5 maret 2022
  • Jam : 16.00 wib – selesai
  • Tempat : Traffic Light Kantor Gubernur

 

Memperingati Hari Kartini 2022

  • Tema  “Kartini Milenial”
  • Pelaksanaan Kegiatan
    • Hari : Senin – Sabtu
    • Waktu : 25 – 30 April 2022
    • Tempat : via instagram (Lomba Video dan Twibonz)

 

 Bedah Kampus Hybrid 2022

Tema
“ Mari Raih Impian Dan Kesuksesan Di Bidang Kesehatan, Menjadi Tenaga Kesehatan  Profesional Bersama Bedah Kampus Poltekes Kemenkes Riau”
  • Hari : Sabtu
  • Tanggal : 19 Maret 2022
  • Jam : 09.00 WIB – selesai
  • Tempat : Aula Lantai 4 Laboratorium Poltekkes Kemenkes Riau
  • dan Zoom Cloud Meeting
  1. Kegiatan Bedah Kampus Hybrid 2022 sebagai media memperkenalkan tentang kampus Poltekkes Kemenkes Riau
  1. Kegiatan ini diikuti oleh Siswa dan Siswi Sekolah Menengah Atas di Provinsi Riau guna mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan Lomba mikroblog & Puisi Dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema

“Dengan semangat belajar tingkatkan kualitas Pendidikan di Era Generasi Milenial”

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak pemuda khususnya mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau untuk mengisi mengingat kembali perjuangan tokoh Pendidikan Indonesia dalam menegakkan Pendidikan di masa lalu dan meningkatkan kreativitas dan kreasi mahasiswa pada masa sekarang.

Kegiatan perlombaan mikroblog dan baca puisi ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 13 Mei s/d 22 Mei 2022 dengan rincian kegiatan sebagai berikut:  

  • Pendaftaran                     : 14-15 Mei 2022.
  • Pengumpulan karya        : 16-22 Mei 2022.
  • Penilaian karya                : 23 Mei 2022.
  • Pengumuman pemenang : 23 Mei 2022.

 

kegiatan pemilihan senat BEM 2019

PEKAN OLAHRAGA DAN SENI MAHASISWA POLTEKKES SE REGIONAL SUMATRA (PORNIMAKES)
  1. Waktu : 28 Februari – 04 Maret 2018
  2. Tempat : Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  3. Narasi : Welcome Party pada tanggal 28 Februari 2018 pukul00 WIB – 18.00 di Plaza Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Acara Pembukaan pada tanggal 28 Februari 2018 pukul 19.00 WIB di Auditorium Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Acara lomba dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 4 Maret 2018 di Lingkungan Kampus Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Acara Penutupan pada tanggal 04 Maret 2018  pukul 08.00 WIB di Plaza Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
  4. Dokumentasi :

    LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK)

  1. Waktu : 10 – 11 Maret 2018
  2. Tempat : Aula Laboratorium Terpadu LT.4 Poltekkes Kemenkes Riau
  3. Narasi : Peserta kegiatan LDK Sesi Pertama : DIII Bidan A, DIII Bidan B, DIII Gizi A, DIII Gizi B, DIII Perawat A, DIII Perawat B. Sesi Kedua,Minggu 11 Maret 2018 : BLM, BEM, HIMAZI, HIMAKEP,HIMABID. Narasumber: Novel Firmansyah, AMKL dan Rezalina Reffino, Amd. Gz. Metode Pelatihan berupa dengan Brainstroming,Penyampaian Materi Training (Diskusi dan Tanya Jawab), Simulasi dan

Games serta Motivasi dan Bersyukur.

PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA

  1. Waktu : Kamis, 8 Februari 2018
  2. Tempat : Simpang Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
  3. Narasi : Peringatan Hari Kanker Sedunia adalah waktu yang tepat dalam pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya kanker.Dengan diadakannnya orasi dan pembagian pita, diharapkan masyarakat dapat mengetahui bahaya kanker dan bisa mencegah penyakit kanker sebelum terjangkit. Juga dibantu dengan pemberian leaflet untuk membantu kegiatan orasi ini.

PERINGATAN HARI TB SEDUNIA

  1. Waktu : 22 Maret 2018
  2. Tempat : Simpang Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
  3. Narasi : Orasi dan Pembagian Masker adalah kegiatan dalam memperingati hari Tuberculosis (TBC) Sedunia melalui bidang Pemberdayaan Masyarakat Forum Komunikasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Se –Indonesia.

PENYULUHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DAN GERMAS

  1. Waktu : 27 Maret 2018
  2. Tempat : Sekolah Dasar Negeri (SDN) 25 Pekanbaru Jalan Khayangan, Limbungan Baru, Rumbai Pesisir
  3. Narasi : Penyuluhan Penyakit Tidak Menular Dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan salah satu kegiatan FORKOMPI dibawah naungan bidang Bidang Pemberdayaan Masyarakat Forum Komunikasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Se – Indonesia. Kegiatan Penyuluhan Penyakit Tidak Menular Dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berlangsung secara baik dan kondusif. Para siswa diberikan materi mengenai pentingnya buah dan sayur. Selain pemberian materi, panitia juga membagikan buah dan sayur gratis kepada murid-murid,guru, serta masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

  1. Waktu : 25 April 2018
  2. Tempat : Lingkungan Poltekkes Kemenkes Riau
  3. Narasi : Pada Peringatan Hari Bumi Sedunia ini Poltekkes Kemenkes Riau melaksanakan kegiatan penanaman pohon di area yang kurang akan penghiajuan. Penanaman Pohon Peringatan Hari Bumi merupakan gerakan peduli lingkungan dengan tujuan penghijauan. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah aksi penanaman pohon di sekitar kampus Poltekkes Kemenkes Riau.