PKKMB

Pekanbaru, 01 Agustus 2022. Sebagaimana diketahui bahwa dampak Pandemi Covid-19 dirasakan pada semua aspek kehidupan termasuk Pendidikan. Pandemi membuat Perguruan tinggi melakukan transpformasi pembelajaran sejak tahun 2020. Diantaranya pembelajaran daring  dan setelah pandemik  menjadi  hybrid.

PKKMB merupakan tahapan untuk menyiapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri sehingga kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru  (PKKMB) bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan mendapatkan informasi  yang tepat mengenai sistem Pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non akademik .

Kegiatan PKKMB dilaksanakan dari tanggal 1-4 Agustus 2022 dengan metode hybrid yaitu menggabungkan metode luring dan daring yakni Program Studi di kampus utama di Pekanbaru dan Program Studi diluar kampus utama (Prodi D3 Keperawatan Inhu).

Kegiatan pembukaan dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan registrasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Kemeenkes Riau, tari persembahan, pembacaan do’a, Laporan kegitan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau (Bapak Husnan, SKp.,MKM), arahan dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan PKKMB oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan RI (Ibu drg. Arianti Anaya, MKM) secara daring

PKKMB juga mengenalkan kepada mahasiswa akan adanya hal hal yang dapat menghambat studi mereka termasuk menghambat tujuan nasional  seperti  radikalisme, penyalahgunaan narkotika, korupsi, kekerasan seksual dll, disamping itu PKKMB juga menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi yang menuntut mahasiswa memiliki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta menguasai kompetensi yang diperlukan pada abab 21 seperti : berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil  berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerjanya dan pengembangan karir serta pentingnya belajar sepanjang hayat.

Dalam sambutannya Direktur manyampaikan bahwaa kegiatan PKKMB ini merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi  dan tidak membenarkan kegiatan ini dilakukan tanpa bimbingan dan pengawasan sehingga tidak menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran bagi mahasiswa, orang tua dan masyarakat.

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang berjumlah 38 Poltekkes menjadi salah satu dari pencetak tenaga kesehatan yang berkualitas, professional dan kompeten untuk menopang upaya peningkatan SDM Kesehatan. Poltekkes Kemenkes Riau adalah salah satunya yang berada di Provinsi Riau yang memiliki 3 Jurusan  dan 4 Prodi yaitu :

  1. Jurusan D III Keperawatan Pekanbaru
  2. Jurusan D III Keperawatan di Luar Kampus Utama (Inhu)
  3. Jurusan D III Kebidanan
  4. Jurusan D III Gizi

Oleh sebab itu melalui forum ini saya ucapkan “ Selamat kepada Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Riau Tahun Akademik 2022/2023 “

Jumlah pendaftar yang masuk ke Poltekkes Kemenkes Riau adalah sebanyak  2022 pendaftar

yang berasal dari provinsi Riau dan luar provinsi Riau diantaranya Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Kepri, Provinsi Jambi, Provinsi Jawa Barat dan Sumatra Selatan.

Sedangkan yang lulus dan akan mengikuti PKKMB TA 2022/2023 ini adalah sebanyak 424 orang mahasiswa baru dan 9 mahasiswa lama  yang terdiri dari :

Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan  =120

Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan =124

Mahasiswa Prodi DIII Gizi = 116

Mahasiswa Prodi DIII PSDKU = 64

Mahasiswa mengulang  =  9 Orang

Kegiatan PKKMB tahun ini mengusung  tema  “ BERSAMA POLTEKKES KEMENKES RIAU MEWUJUDKAN SINERGITAS DALAM BERKARYA DAN MEMBANGUN GENERASI TANGGUH, BERKARAKTER DIBIDANG KESEHATAN  “

Adapun Materi yg diberikan pada kegiatan PKKMB kali ini sesuai dgn panduan  PKKMB  Poltekkes seluruh Indonesia  ttd :

  1. Pembinaan kesadaran bela negara : 4 Pilar
  2. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia
  3. Implementasi Merdeka belajar di PT vokasional
  4. Kehidupan kampus pada masa pandemic
  5. PBAK di PT
  6. Kampus sehat
  7. Pengembangan karakter mahasiswa
  8. Etika dan Norma
  9. Organisasi dan tata Kelola di Polkesri
  10. Upaya meningkatkan Prestasi mahasiswa
  11. Layanan Kemahasiswaan ( SIAKAD, E.Learning )
  12. Struktur Program masing masing Prodi
  13. Sosialisasi ALUMNI, OP, BK, UKM

Materi tersebut diberikan baik oleh pihak Internal  Poltekkes Kemenkes Riau  maupun dari instansi terkait seperti Dirjen vokasi, Dinkes Prov, BNN, Polsek ,Motivator,  IBI, PPNI, PERSAGI  dan alumni

Selanjutnya Ibu Dirjennakes dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang telah sukses bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Riau. Beliau juga berharap agar semua mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib. Mulailah dengan membiasakan diri disiplin agar dapat meraih kesuksesan yang optimal. Dalam arahannya beliau juga berpesan agar maba dalam menghadapi era globalisasi dapat menahan diri untuk tetap berada pada jalan yang benar, tidak terpengaruh dengan narkoba atau hal-hal negatif lainnya yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan Bismillahhirrohmannirohim membuka acara ini secara resmi.