BMTEK PEMBELAJARAN PSDKU JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES RIAU

Pada tanggal 15 sampai dengan 18 September 2021 telah dilaksanakan kegiatan Bimtek Pembelajaran  PT.Kesda yang telah bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Riau oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDK bertempat di PSDKU Kampus Indragiri Hulu. Pada kegiatan ini hadir secara daring Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Pusdik SDM Kesehatan Bapak Dr. A. Kemat, M.Kes dan Dr Heni Permatasari,SKp,M.Kep, Sp.Kom. selaku narasumber. Sementara itu yang hadir secara luring pada kegiatan ini adalah tim dari PPSDM Kesehatan Badan PPSDK Ibu Ns. I Ratnah,S.Kep, M.Kep. dkk, Wadi r I Poltekkes Kemenkes Riau Bapak Alkausari Aziz, SKM.,M.Kes, Ketua Jurusan Keperawatan Ibu Ns.Rusherina,S.Kep.,S.Pd,M.Kes, Kasubag ADAK Ibu Angelia Safitri, SKM, Sekteratis Jurusan Keperawatan Ibu Maghdalena,SST,M.Kes, Ka Prodi PSDKU bapak Ns. Yulianto,S.Kep.,M.Pd,MPH, serta seluruh dosen dan tendik PSDKU

 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wadir I Poltekkes Kemenkes Riau Bapak Alkausari Azis, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya Wadir I mengatakan semenjak bergabung bulan November 2018 PSDKU sudah banyak mengalami kemajuan, baik itu terkait proses pembelajaran, tenaga dosen dan tendik, serta sarana dan prasarana. Pada tahun 2020 telah dilaksanakan rehap gedung diantaranya Ruang Pimpinan,  Ruang Dosen, ADAK, ADUM, Pustaka, kelas dan laboratorium. Pada anggaran tahun 2021 sedang berjalan Renovasi Auditorium, Mushollah dan gedung Asrama. Sementara itu sambutan dari Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDK dalam hal ini diwakili oleh Ibu Ns. I Ratnah,S.Kep, M.Kep. Dalam sambutannya ibu Ratnah berharap kedepannya Bimtek ini bisa dijadikan sebagai bahan dalam pemgembangan proses pembelajaran  di Poltekkes Kemenkes Riau Khususnya Prodi DIII Keperawatan di Luar Kampus Utama.

Pada saat sesi pemaparan, Ka Prodi PSDKU menyampaikan selama hampir tiga tahun setelah bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Riau banyak kemajuan yang telah dicapai pada proses pembelajaran. Pencapaian tersebut diantaranya adalah, akreditasi yang semula C menjadi B pada tahun 2020, Jabatan Fungsional dosen bertambah 5 orang, Prosen PBM  telah menggunakan Aplikasi online seperti Scele, SIAKAD dan CBT yang digunakan untuk UTS, UAS dan try Out Ukom Internal, serta sudah adanya perpustakaan digital.

 

Dalam kegiatan ini Narasumber Ibu Dr Heni Permatasari,SKp,M.Kep, Sp.Kom. memaparkan materi terkait Akreditasi kriteria 9 dan matrik penilaian akreditasi. Dalam kesempatan ini juga telah disampaikan bagaimana melaksanakan proses pembelajaran yang baik,  trik dan cara memenuhi tuntutan borang criteria 9, sehingga  pada Akreditasi tahun 2024 PSDKU bisa mencapai hasil Sangat Baik bahkan Unggul.

Bimtek Pembelajaran ditutup dengan peninjauan secara langsung Ruang Dosen, ADAK, ADUM, Pustaka, kelas, laboratorium dan asrama oleh tim dari PPSDM Kesehatan Badan PPSDK didampingi Ketua Jurusan Keperawatan, Kasubag ADAK, KaProdi beserta dosen PSDKU