POLICE GO TO CAMPUS

Pekanbaru, PolKesRi (18/09/2024) – Poltekkes Kemenkes Riau kedatangan tamu dari POLRESTA Pekanbaru dan RSDC untuk melaksanakan kegiatan Police Go to Campus dalam rangkaian kegiatan berupa Sosialisasi Lalu Lintas yang dilaksanakan didepan Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Riau, yang diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Gizi.

 

Kegiatan langsung dibuka oleh Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Riau yaitu Ibu Fauziah Yulfitria, M.Keb, diawali dengan salam integritas dan salam semangat. “Diharapkan mahasiswa bisa mendengarkan materi sosialisasi yang disampaikan dan dapat diterapkan dalam berkendaraan di jalan raya”, kata Fauziah.

 

Selanjutnya penyampaian materi sosialisasi terkait Lalu Lintas oleh M. Tohir dan tim dari Kapolresta Pekanbaru, yang diatur dalam  Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang menjelaskan bahwa setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor  berupa helm standar nasional Indonesia dan untuk roda empat sekurang-kurangnya terdiri atas : sabuk keselamatan; ban cadangan; lampu; segitiga pengaman; dongkrak; pembuka roda; helm dan rompi pemantul cahaya bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak memiliki rumah-rumah; dan peralatan pertolongan pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas. Tohir juga menegaskan kepada mahasiswa bahwa membawa kendaraan roda dua jangan kencang-kencang karena bisa membahayakan keselamatan pengemudi itu sendiri, karena kecelakaan lalu lintas banyak  terjadi pada mahasiswa. Selain itu tim dari Polresta juga menghadiahkan helm Standar Nasional Indonesia kepada mahasiswa yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan.

 

Harapan dari sosialisasi ini adalah mahasiswa dapat berhati-hati dijalan raya sewaktu mengendarai kendaraan, agar selamat menuju  kampus dan pulang Kembali kerumah. [R**!] 💌 (Humas/PolKesRi)