TAMPILKAN INOVASI DOSEN DAN MAHASISWA, POLTEKKES KEMENKES RIAU BERPARTISIPASI DALAM EXPO PENDIDIKAN KESEHATAN 2023 SDM RIAU UNGGUL DAN GENERASI SEHAT

TAMPILKAN INOVASI DOSEN DAN MAHASISWA, POLTEKKES KEMENKES RIAU BERPARTISIPASI DALAM EXPO PENDIDIKAN KESEHATAN 2023 SDM RIAU UNGGUL DAN GENERASI SEHAT

Pekanbaru – Poltekkes Kemenkes Riau turut serta berpartisipasi dalam Expo Pendidikan Kesehatan 2023 SDM Riau Unggul dan Generasi Sehat 7 – 10 Maret 2023 yang dilaksanakan di Center Court Mall Ciputra Seraya Jalan Riau Pekanbaru.


Ka.Bag SDK dan Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyoroti salah satu masalah di Provinsi Riau adalah SDM tenaga kesehatan. Kondisi saat ini SDM untuk 9 jenis tenaga kesehatan yang harus tersedia di Puskesmas di Provinsi Riau baru mencapai 65 %. Angka ini masih dibawah target yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.
Hal ini dapat dikaitkan dengan dunia pendidikan sebagai penyedia atau penghasil tenaga kesehatan. Oleh karena itu Expo kali ini dibuat antara lain dengan melibatkan dunia pendidikan lanjutnya (7/03/2023).

Dalam ajang tersebut Poltekkes Kemenkes Riau memperkenalkan dan menampilkan inovasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.
Yok kita lihat……..
1. Penelitian LOVE Pad ((Less-Waste, On Easy Terms, Valuable, Efficient) Sebagai Solusi Alternatif Mengatasi Dismenore dengan Pemanfaatan Limbah Plastik Rumah Tangga). Penelitian ini memanfaatkan teori hot ice (es panas) dimana hal tersebut akan dapat menjaga ketahanan suhu panas hingga dapat tercapai kompres hangat yang memiliki ketahanan panas dengan durasi yang lebih lama dibandingkan dengan kompres hangat biasa. Selain itu, LOVE Pad juga sebagai alternatif pemanfaatan limbah plastik rumah tangga yang semakin meningkat intensitas produksinya.

2. Penelitian Model Lengan Infus

Sebagai media pembelajaran dalam praktik pemasangan infus, pengambilan darah vena dan pemberian obat secara intra vena bagi mahasiswa tenaga kesehatan.

Alat praktikum ini telah mendapatkan HKI langsung dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

3. Food groups trading card game

Game ini merupakan edukasi dengan tujuan peserta mampu dalam mengelompokkan sumber bahan makanan berdasarkan Kandungan Zat Gizinya.

4. Ular tangga Sandani (Sadar Ancaman Sedari Dini) Game
Game ini mengedukasi usia anak-anak hingga remaja untuk mengetahui tindakan yang akan dilakukan baik preventif ataupun kuratif terkait perilaku kekerasan seksual.

5. Filter Isi Piringku dengan Pemanfaatan Teknologi AR (Augmented Reality).
Dengan adanya edukasi dari filter isi piringku dapat mempermudah pengguna dalam mengetahui berapa asupan makanan yang akan dikonsumsi sesuai kebutuhannya dengan makanan yang bergizi.

Dr. Aslis berkesempatan mengekspos kegiatan unggulan Poltekkes Kemenkes Riau dengan mengedukasi siswa-siswa SMA Taruna mengenai Stunting.

Antusiasnya peserta dan pengunjung dengan inovasi dan edukasi yang ditampilkan Poltekkes Kemenkes Riau, membuat Poltekkes Kemenkes Riau mendapatkan Sertifikat Penghargaan Sebagai Stand Lembaga Pendidikan Paling Inspiratif dalam kegiatan expo tersebut.

Semoga Poltekkes Kemenkes Riau tetap menjadi kampus kesehatan paling inspiratif di Provinsi Riau. (Humas)