Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Riau adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (BPPSDM) Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Awalnya Poltekkes Riau bernama Poltekkes Pekanbaru. Poltekkes Pekanbaru berdiri sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia Nomor 298/MENKES-KESSOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Tanggal 16 April ini kemudian dijadikan Hari Ulang Tahun (Dies Natalis) Poltekkes Pekanbaru.

Poltekkes Pekanbaru awalnya terdiri dari Jurusan Kebidanan di Pekanbaru yang membawahi Program Studi Kebidanan Pekanbaru, dan Jurusan Keperawatan di Tanjungpinang yang membawahi Prodi Keperawatan Tanjungpinang. Pada tahun 2004, melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.00.06.1.4.2.02226 tanggal 1 Juli 2004, Poltekkes Pekanbaru menambah 3 (tiga) Program Studi (Prodi) baru, yaitu:

  • Program Studi Gizi Pekanbaru
  • Program Studi Keperawatan Pekanbaru
  • Program Studi Kebidanan Tanjungpinang

Dengan adanya penambahan tiga Prodi baru ini maka Jurusan Keperawatan Tanjungpinang yang sebelumnya hanya membawahi Prodi Keperawatan Tanjungpinang juga membawahi Prodi Keperawatan dan Prodi Gizi Pekanbaru. Jurusan Kebidanan Pekanbaru yang sebelumnya hanya membawahi Prodi Kebidanan Pekanbaru juga membawahi Prodi Kebidanan Tanjungpinang.

Pada tahun 2007, karena ada ketentuan bahwa Ketua Jurusan harus berada satu lokasi dengan Direktorat, maka Jurusan Keperawatan di Tanjungpinang dipindahkan ke Pekanbaru, sehingga di Tanjungpinang hanya tinggal Program Studi saja.

Pada tahun 2004, diresmikanlah berdirinya Provinsi Kepulauan Riau yang ber-ibukota di Tanjungpinang. Berdirinya Provinsi Kepulauan Riau yang terpisah dari Provinsi Riau membawa konsekuensi kurang tepatnya nama Poltekkes Pekanbaru karena Poltekkes ini ada di Kota Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau, dan juga di Tanjungpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan R