D3 Kebidanan

A. Visi dan Misi

Visi :
Menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan yang kompeten dan berakhlak mulia serta mampu menghadapi persaingan Global tahun 2029

Misi :
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
2. Melaksanakan penelitian kebidanan untuk mengembangkan keilmuan kebidanan
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan khususnya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

B. Tujuan
Tujuan Program Studi D III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau adalah :
1. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi, memenuhi Standar Kompetensi Bidan Indonesia serta mampu menerapkan, mengembangkan dan memperluas ilmu kebidanan secara mandiri, berkelanjutan dan professional yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan mampu menghadapi persaingan global, yaitu :
a. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi (Care Provider)
b. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu menjadi penggerak dan pengelola masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak dengan menggunakan prinsip partnership dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kewenangan dan lingkup praktik bidan. (Community Leader)
c. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak. (Communicator)
d. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu mengelola klien dalam asuhan kebidanan dalam tugas secara mandiri, kolaborasi (team) dan rujukan dalam konteks asuhan kepada individu, keluarga dan masyarakat (Manager)

2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan Dosen Kebidanan ke jenjang pendidikan S2 dan S3
3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Penelitian Dosen Kebidanan dalam mengembangkan ilmu kebidanan dan menghasilkan metode/model dalam pelayanan kebidanan
4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Kebidanan dalam lingkup Kesehatan Ibu dan Anak untuk memberdayakan masyarakat agar dapat mandiri dan berperilaku hidup sehat.
5. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian kebidanan dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

C. Sasaran
Sasaran mutu Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau akan dapat mencapai sasaran strategis berikut ini :
1. 90% mahasiswa lulus tepat waktu
2. 90% lulusan dengan IPK 3,00
3. Penyerapan lulusan di pasar kerja ≤ 6 bulan sebanyak 75%
4. Selama pendidikan mahaiswa memiliki minimal 3 sertifikat pelatihan dan atau seminar
5. Melaksanakan penelitian bidang kebidanan/kesehatan minimal 1 judul penelitian per dosen per tahun.
6. Melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat minimal 2 kegiatan per dosen per tahun